Menu Buka Puasa di Bulan Ramadhan



Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan suci penuh ampunan yang selalu identik dengan ibadah puasa. Ibadah puasa yang dilakukan setiap tahun merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat islam yang masih bisa dikatakan mampu. Puasa seharian tentu menguras tenaga dan gizi yang kita dapatkan menjadi berkurang, untuk itu ada sebuah menu buka puasa yang sehat dan bergizi yang dapat mengganti gizi dan mengembalikan stamina serta tenaga yang terkuras selama berpuasa seharian. Untuk berbuka puasa pertama, sebaiknya minumlah minuman hangat seperti the hangat dan sebagainya agar lambung kita tidak kaget karena seharian belum terisi apapun sejak sahur. Selanjutnya barulah anda berbuka dengan menu makanan sehat yang sudah disediakan.

Menu Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Menu buka puasa yang sehat yaitu menu makanan yang mengandung cukup gizi dan tidak berlebihan. Yang penting adalah minumlah minuman yang manis seperti sirup, kolak, kelapa muda dan lainnya. Kemudian makanan yang mengandung karbohidrat untuk mengembalikan stamina dan tenaga yang sudah terkuras selama berpuasa seharian. Makanan yang digoreng seperti nasi goring dan sebagainya tidak cukup baik karena dapat menyebabkan ngantuk. Setelah itu, minumlah air putih minimal 1 liter sampai dengan waktu menjelang tidur malam. Minumlah secara berkala agar perut tidak menjadi kembung.

Daftar Menu Buka Puasa

Menu Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Adapun beberapa menu buka puasa yang sehat dan tidak berlebihan adalah sebagai berikut :
  1. Nasi merah dan sate ayam dengan buah pisang sebagai makanan penutupnya. 
  2. Nasi merah dan soto ayam dengan buah jeruk sebagai makanan penutupnya. 
  3. Spaghetti dan saus tuna serta salad buah.
Di atas adalah beberapa makanan sehat yang bisa anda konsumsi saat berbuka puasa. Disarankan tidak berbuka puasa secara berlebihan karena dapat menyebabkan ngantuk dan tidak baik untuk kesehatan kita.