Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan



Buah rambutan merupakan salah satu buah yang cukup khas dengan bulu bulu yang biasa disebut dengan rambut yang menyelimuti buah tersebut. Warna dari buah rambutan yang masak adalah merah dan yang masih mentah atau belum masak berwarna hijau. Namun, ketika ada seseorang yang bertanya apakah manfaat buah rambutan untuk kesehatan  kita? Anda bingung menjawabnya, padahal buah rambutan ini memilik manfaat dan khasiat yang banyak. Buah rambutan sendiri bisa hidup di daerah dataran tinggi ataupun pegunungan.

Kandungan Buah Rambutan

Menurut beberapa peneliti, kandungan dari buah rambutan ini hampir sama dengan kandungan dari buah apel dan jeruk. Di dalam buah rambutan terdapat kandungan berbagai senyawa seperti vitamin C, fosfor, zat besi, protein dan karbohidrat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dalam setiap 100gram buah rambutan atau setara dengan 3 buah rambutan, terdapat kandungan vitamin 58gram, 18gram karbohidrat, dan 70gram kalori. Selain itu, manfaat buah rambutan untuk kesehatan tidak hanya pada daging buahnya saja, biji dari buah rambutan tersebut ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat Buah Rambutan

Manfaat Buah Rambutan Untuk KesehatanWalaupun kondisi fisik buah rambutan ini kecil, manfaat buah rambutan untuk kesehatan kita sangatlah banyak sekali.Seperti yang sudah dijelaskan, biji dari buah rambutan memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.Selain itu, kulit dari buah rambutan ternyata juga dapat mengobati sariawan. Jika anda sedang sariawan, anda bisa merebus kulit rambutan, dan kemudian airnya gunakanlah untuk berkumur. Biji dari buah rambutan dapat digunakan untuk mengobati kencing manis, yaitu dengan cara mensangrai biji dari buah rambutan sampai kandungan air di dalam biji tersebut benar – benar kering.Kemudian setelah itu tumbuk biji tersebut sampai halus dan kemudian seduh dengan menggunakan air hangat dan minum dua kali sehari. Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat buah rambutan dengan harga yang murah dan berkhasiat. Untuk itu konsumsinya setiap hari sangat dianjurkan, namun tetap sesuai dengan standar porsi makan atau tidak berlebihan.