Manfaat Kedondong Bagi Kesehatan Tubuh



Pastinya kita semua sudah tidak asing dengan buah yang satu ini . Buah kedondong lah jawabannya, Kedondong buah yang memiliki nama latin Spondias Dulcis Forst) berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah kedondong banyak digunakan untuk rujak, sayur, serta dibuat acar (sambal kedondong). Daun mudanya yang dikukus dijadikan  pakan ternak. 

Banyak sekali manfaat kedondong karena dalam tiap 100 gram buah kedondong mengandung 60-85 gram air, 0,5–0,8 gram protein, 0,3–1,8 gram lemak, 8-10,5 gram sukrosa, 0,85-3,60 gram serat, 540 mg Calcium, 82 mg Fosfor, 6,2 mg Besi, 2900 IU Vitamin A dan 29 mg Vitamin C. Daging buahnya merupakan sumber vitamin C dan besi. Buah yang belum matang mengandung pektin sekitar 10 persen.

Walau rasanya masam buah ini memiliki banyak penggemar diseluruh dunia. Tanaman kedondong berbentuk pohon berbatang lurus dan besar. Dan dapat tumbuh baik di daerah ber iklim tropis. Kedondong umumnya berbunga pada bulan Juni-Agustus dan buahnya masak pada bulan Januari-April. Tanaman kedondong dapat berbuah setelah berumur tiga tahun sejak ditanam. 

Buah yang sering dijadikan rujak ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Berikut ini adalah beberapa manfaat kedondong yang bisa didapat :
1. Menambah daya tahan tubuhKandungan zat gizi yang terkandung dalam buah kedondong adalah unsur gula dalam bentuk sukrosa yang penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh. Kandungan air dan serat dari buah kedondong cukup tinggi dan bermanfaat untuk melancarkan buang air besaar (BAB) serta mencegah dehidrasi.
2. Obat penyakit DisentriBagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tannin. Kandungan ini sangat bermanfaat untk menyembuhkan penyakit disentri. Cara pemanfaatannya adalah gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.
3. Obat batukDidalam buah kedondong mengandung zat asam dan vitamin C, hal ini mampu menurunkan atau menghilangkan batuk.

Manfaat Kedondong

Manfaat Kedondong Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kedondong diatas adalah sebagian kecil saja yang terkandung didalam buah kedondong. Masih banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari mengonsumsi kedondong. Nah jika anda menginginkan kesehatan yang herbal tidak ada salahnya memanfaatkan kedondong untuk pengobatan atau sekedar menjaga kesehatan anda. Semoga artikel ini dapat anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan atau sebagai media pengobatan yang praktis dan murah tentunya.