Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan



Buah yang dikenal oleh banyak orang ini ternyata memiliki berbagai manfaat yang belum diketahui. Buah Pepaya memiliki nama latin Carica pepaya L. Tanaman ini dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi karena memiliki sifat yang manis dan menyegarkan. Buah berwarna hijau agak orange yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti indonesia ini mudah didapat dan ditemukan. Tapi jangan salah, manfaat buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. 

Selain mengandung banyak air, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Selain buahnya bagian daun juga bisa dimanfaatkan untuk saur maupun jamu. Dalam buah pepaya terkandung enzim papain yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan. Selain itu di dalam buah pepeya juga mengandung zat antiseptic yang berfungsi untuk mencegah perkembangbiakan bakteri-bakteri jahat yang hidup di usus kita.

Buah pepaya sangat bermanfaat khususnya untuk mengatasi masalah pencernaan. Beberapa senyawa yang terkandung didalam buah pepaya yang sangat bermanfaat antara lain Enzym papain, alkaloid karpaina, pseudo-karpaina, glikosid, karposid, sakarosa, dekstrosa, levulosa. Alkaloid karpaina mempunyai efek seperti digitalis. Sementara buahnya mengandung ß-karotene, pectin, d-galaktosa, 1-arabinosa, papain, papayotimin papain, fitokinase. Berikut ini manfaat buah pepaya :

1.   Mampu menambah nafsu makan
Kandungan yang ada didalam buah pepaya sangat banyak dan salah satunya memiliki fungsi sebagai penambah nafsu makan. Berikut caranya :
siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.
2.   Mencegah kanker
Dari berbagai penelitian yang dilakukan buah pepaya ternyata mengandung banyak sekali zat yang berguna sebagai antikanker.
3.   Menghilangkan flek hitam / jerawat
Tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, tetapi daun pepaya juga memiliki manfaat yang tak kalah besar. Daun pepaya dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas
Hingga bersih.
4.   Mengontrol tekanan darah
5.   Mengobati nyeri saat haid
6.   Mengobati demam berdarah
7.   Melancarkan proses pencernaan sehingga dapat mengobati masalah susah buang air besar
8.  Bagi anda penderita penyakit asma, sifat anti-inflamasi yang terkandung pada buah pepaya berguna untuk mengatasi peradangan
9.   Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata indah anda
Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Itulah tadi manfaat buah pepaya yang bisa anda dapatkan. Buah yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau ini memiliki banyak sekali manfaat. Dengan sedikit cara penerapan, mudah, hemat dan pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Buah pepaya merupakan bahan obat herbal yang tidak mengandung efek samping, tentunya hal ini akan membuat kita nyaman menggunakan tanpa harus memikirkan efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi buah ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa digunakan untuk referensi bagi anda semuanya.