Manfaat Ketela Paling Utama



Pastinya kita semua tidak asing dengan bahan makanan yang satu ini, yaitu Ketela. Ketela memiliki nama latin  (steamed cassava ). Ketela bisa di sebut juga dengan umbi jalar, umbi jalar adalah umbi yang tumbuh nya menjalar. Di Indonesia khususnya jawa, ketela lebih dikenal dengan sebutan “ Telo ”. Ketela sudah dikenal sejak jaman dahulu,ketela memiliki banyak gizi yang belum diketahui oleh banyak orang. Manfaat ketela sudah diketahui sejak jaman dahulu sebagai bahan makanan pokok maupun untuk obat. Ketela memiliki banyak kandungan diantaranya vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Dalam 100 g ubi jalar terdapat 76 kalori yang terdiri atas 17,6 g karbohidrat, 1,57 g protein, 0,05 g lemak, 3 g serat, 30 mg kalsium, 0,61 mg zat besi, 25 mg magnesium, 0,30 mg seng, 0,6 mcg selenium, 337 mg kalium, 22,7 mg vitamin C, dan juga terdapat vitamin A, E, B-6, dan K.

Ketela tidak mengandung kolestrol jadi baik untuk dikonsumsi. Banyak sekali kandungan dari ketela yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat ketela yang bisa kita dapatkan :

1.      Menambah kekebalan tubuh
Ketela sangat kaya akan kandungan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor. Hal ini menjadikan ketela sebagai penguat imun yang hebat bagi system kekebalan tubuh.
2.      Obat radang
Ketela  mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal. Sehingga Ketela dapat dimanfaatkan untuk obat Peradangan
3.      Obat Bronchitis
Kandungan yang dimiliki Ketela diantaranya vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya mampu membantu menyembuhkan bronchitis. Ketela juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya).
4.      Obat Kanker
Kandungan betakaroten, antioksidan, antikarsinogen , dan vitamin C yang terkandung dalam Ketela sangatlah penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan kanker pada organ dalam lainnya.
5.      Obat Diabetes
Bagi Pengidap penyakit diabetes yang seringkali dihimbau untuk menghindari makanan yang manis. Ketela bisa dijadikan referensi makanan sehat bagi anda. Hal ini tidak berlaku pada ubi jalar. Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Anda dapat mengganti nasi dengan ketela sebagai bahan makanan pokok.


Nah, itu tadi beberapa manfaat ketela yang bisa kita rasakan manfaatnya. Walau sering kita mengenal ketela hanya sebagai makanan sampingan ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang cukup besar. Singkong sangat banyak memiliki nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh kita, singkong juga bisa menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Singkongpun cukup mudah ditemukan dan harganya pun relative murah. Konsumsilah secara teratur dan benar demi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.